Valve Akan Kembali Membuat Game Selain Artifact?

‘Hooray! Valve’s going to start shipping games again’ (Hore! Valve akan kembali merilis game), kalimat tersebut diucapkan oleh pendiri Valve yaitu Gabe Newell atau biasa disebut Gaben di Washington saat aka melakukan presentasi terkait game terbaru Valve yaitu Artifact, sebuah card game bertema Dota 2 yang rencananya akan diluncurkan tahun ini.

Artifact.png

Kabar mengejutkan pun tidak berhenti sampai disitu, Gaben menyebutkan bahwa akan ada beberapa game lagi yang tengah dikerjakan oleh Valve disamping Artifact. Hal tersebut menarik karena dalam beberapa tahun terakhir perushaan Gaben tersebut lebih berfokus pada Steam dan perangkat keras yang menurutnya sebagai “investasi masa depan”.

Tahun 2017 silam, pada Reddit AMA, Gaben menegaskan bahwa Valve sedang mengerjakan sebuah game single player yang sampai saat ini masih belum diketahui game seperti apa dan tiga game VR.

Bukan tanpa alasan mengapa Valve berfokus pada perangkat keras beberapa tahun kebelakang, menurut Gaben, hal tersebut dilakukan karena dia merasa khawatir akan kemampuan komputer yang semakin terbuka terhadap sesuatu yang baru karena menurutnya setiap perusahaan seperti Microsoft dan Facebook berlomba-lomba untuk menciptakan hal yang baru tersebut.

header

Salah satu contoh “investasi masa depan” yang sudah disebutkan diawal adalah VIVE, alasan kenapa Valve memilih mengembangkannya adalah untuk mencegah orang lain membuat versi khusus untuk iOS saja atau biasa disebut closed platform.

Kami merasa iri terhadap perusahaan seperti Nintendo – Gabe Newell

Menurutnya Nintendo merupakan perushaan yang dapat mengimbangi antara pengembangan game dan perangkat keras secara bersamaan dengan sangat baik. Selain memikirkan versi terbaru dari gamenya, contoh: Zelda atau Mario, Nintendo juga dapat memikirkan controller yang pas untuk game tersebut selain hanya soal grafisnya dan hal tersebut pula lah yang membuat Gaben ingin lakukan terhadap Valve, dan mungkin saja perushaanya akan lebih dari sekedar persuhaan pengembang game namun juga sebagai pengembang perangkat keras.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s