FIFA 18 Terbobol Pada Hari Peluncurannya

FIFA 18 merupakan salah satu game yang dinantikan oleh para gamer didunia. Namun pada hari peluncurannya (29 dan 30 September), kabar yang tak mengenakan mencuat ke publik yang tak lain adalah bahwa FIFA 18 terbajak dalam hitungan jam.

Usaha yang dilakukan EA dengan memasang sistem proteksi Denuvo nyatanya tidak memberikan hasil yang cukup baik. Hanya dalam waktu 10 jam FIFA 18 sudah bisa dibobol, pelaku pembobolan tersebut adalah STEAMPUNKS.

steampunk

Akibat pembobolan tersebut, FIFA 18 masuk daftar game dengan proteksi Denuvo yang paling cepat dibajak. Selain game ini, beberapa game lain pun menggunakan DRM yang sama seperti Far Cry Primal, Total War Warhammer 2, Dishonored, PES 2018, dan masih banyak lagi.

Melihat mudahnya sistem Denuvo diretas membuat reputasi perusahaan ini dipertanyakan seberapa amankah DRM yang mereka berikan untuk para pengembang game. Namun Denuvo sendiri bukanlah sebuah sistem keamanan yang “Tak Mungkin Dibobol”, sistem tersebut hanya “menunda” para pelaku pembajakan. Jika game tersebut bertahan lebih dari sebulan tanpa dibajak, maka para pengembang game menlaiĀ  Denuvo berhasil mengamankan game mereka.

Masih banyak game yang akan dirilis menggunakan proteksi Denuvo seperti South Park: The Fractured but Whole dan Assassin’s Creed: Origin yang sudah bisa kamu Pre-order di Steam. Kita tunggu apakah Denuvo pada game tersebut mampu bertahan lebih dariĀ  game yang pernah terbobol sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s